Cara Cek IP website Dengan CMD Pasti Berhasil

Ping adalah aplikasi standar yang ditemukan di sebagian besar laptop dan komputer desktop. Aplikasi yang mendukung ping juga dapat diinstal pada ponsel cerdas dan perangkat seluler lainnya. Selain itu, situs web yang mendukung layanan tes kecepatan Internet sering menyertakan ping sebagai salah satu fitur mereka.

Utilitas ping mengirim pesan pengujian dari klien lokal ke target jarak jauh melalui koneksi jaringan TCP / IP. Target dapat berupa situs Web, komputer, atau perangkat lain dengan alamat IP. Selain menentukan apakah komputer jarak jauh sedang online, ping juga menyediakan indikator kecepatan umum atau keandalan koneksi jaringan.

Cara Cek IP website Dengan CMD Pasti Berhasil

Ping adalah cara untuk menentukan apakah alamat IP tertentu dapat diakses. Ini bekerja dengan mengirim paket ke alamat yang ditentukan dan menunggu Replayan. Ping digunakan terutama untuk memecahkan masalah koneksi Internet ketika Anda mengalami masalah dalam melihat situs Web Anda secara online.

Untuk melakukan ping:

  1. Hubungkan ke Internet
  2. Buka prompt perintah, tombol windows+r dan ketik cmd
  3. Pada prompt perintah, ketik: ping www.domainanda.com -t di mana “domain Anda” adalah nama domain untuk situs Web Anda
  4. Anda harus melihat respons berikut:

C:> ping www.domainanda.com -t

Ping www.yourdomain.com [216.219.253.211] dengan 1500 byte data:

Replay form 216.219.253.211: byte = 1500 kali = 140 ms TTL = 118

Replay form 216.219.253.211: byte = 1500 kali = 120 ms TTL = 118

Replay form 216.219.253.211: byte = 1500 kali = 101ms TTL = 118

Replay form 216.219.253.211: byte = 1500 kali = 130ms TTL = 118

Menafsirkan Hasil Ping

Grafik di atas menggambarkan sesi ping yang khas ketika perangkat di alamat IP target merespons tanpa kesalahan jaringan:

Replay form: Secara default, Microsoft Windows ping mengirim serangkaian empat pesan ke alamat. Program mengeluarkan garis konfirmasi untuk setiap pesan respons yang diterima dari komputer target.

Bytes: Setiap permintaan ping berukuran 32 byte secara default.

Waktu: Ping melaporkan jumlah waktu (dalam milidetik) antara pengiriman permintaan dan penerimaan tanggapan.

TTL (Time-to-Live): Nilai antara 1 dan 128, TTL dapat digunakan untuk menghitung berapa banyak jaringan berbeda yang dilewati pesan ping sebelum mencapai komputer target. Nilai 128 menunjukkan perangkat berada di jaringan lokal, dengan 0 jaringan lain di antaranya.

Menjalankan Ping Terus-Menerus

Pada beberapa komputer (terutama yang menjalankan Linux), program ping standar tidak berhenti berjalan setelah empat upaya permintaan tetapi berjalan sampai pengguna mengakhirinya. Itu berguna bagi mereka yang ingin memantau status koneksi jaringan selama periode waktu yang lebih lama.

Di Microsoft Windows, ketik ping -t bukan ping pada baris perintah untuk meluncurkan program dalam mode ini terus berjalan (dan menggunakan urutan kunci Control-C untuk menghentikannya).