Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri – Hampir semua gadget yang kita gunakan saat ini dilengkapi dengan layar sentuh. Layar ini perlu penanganan yang hati-hati agar tidak mudah rusak.

Terlepas dari kerusakan yang tidak disengaja, ada banyak alasan lain yang dapat membuat layar sentuh tidak responsif. Layar sentuh ponsel android Anda dapat berhenti merespons beberapa area atau seluruh layar sentuh berhenti berfungsi. Masalah layar sentuh Android adalah umum dan di sini dalam artikel ini kami akan memecahkan masalah dan memperbaiki layar sentuh dengan mengikuti tips efektif ini.

Beberapa Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Mulai ulang Perangkat Android

Kami akan mulai dengan metode paling sederhana yaitu me-restart hp. Matikan telepon Anda dan tunggu 10 detik untuk memulai kembali. Prosedur ini juga disebut siklus daya. Ini akan menghapus semua bug atau gangguan perangkat lunak minor. Dalam kebanyakan kasus, langkah ini akan menyelesaikan masalah layar sentuh.

Mode aman

Sama seperti kita me-restart PC windows dalam mode aman, Anda dapat dengan mudah memulai perangkat Android Anda di safe made untuk mengatasi sebagian besar kesalahan. Saat perangkat melakukan booting dalam mode aman, perangkat menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga dan hanya sistem operasi dan aplikasi sistem yang berjalan. Jadi jika dalam safe mode, masalah layar sentuh menghilang, itu berarti beberapa aplikasi yang menyebabkan masalah ini. Sekarang Anda dapat menghapus aplikasi eksternal satu per satu hingga masalah layar sentuh diperbaiki.

Untuk memulai kembali ponsel android dalam mode aman, tekan tombol daya di ponsel dan di layar, tekan lagi dan tahan ikon matikan selama beberapa detik dan itu akan menampilkan opsi “Reboot ke Mode Aman”.

“Catatan: Metode di atas akan berfungsi untuk ponsel Android dengan Jellybean 4.1 dan versi di atasnya.”

Untuk ponsel dengan versi Android yang lebih lama, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tekan tombol daya hingga hidup kembali. Setelah telepon dihidupkan ulang, lepaskan tombol daya dan tekan kedua tombol volume (atas dan bawah) bersamaan dan itu akan terbuka dalam mode aman.

Periksa Penggunaan Memori

Tidak dapat disangkal fakta bahwa respons layar sentuh sangat tergantung pada memori perangkat. Jika memori atau RAM perangkat Android hampir penuh, itu pasti memberi Anda masalah layar sentuh. Memori digunakan saat menjalankan aplikasi berat sehingga Anda harus menghapus atau “menghentikannya” untuk membebaskan sebagian memori.

Buka pengaturan> memori pada ponsel Android. Ini akan menunjukkan kepada Anda memori rata-rata yang digunakan selain beberapa statistik lainnya. Ini juga akan menampilkan total memori yang digunakan oleh aplikasi.

Aktifkan rendering GPU

Sebagian besar aplikasi dirancang untuk tidak menggunakan rendering GPU yang berarti bahwa aplikasi ini tidak menggunakan prosesor grafis atau perangkat keras untuk meningkatkan visibilitas di layar. Ini juga meningkatkan transisi UI yang pada gilirannya membuat sentuhan lebih responsif.

Untuk mengaktifkan rendering GPU, pergi ke Pengaturan> Opsi pengembang> Paksa rendering GPU dan nyalakan tombol.

Uji Touchpoints

Ada beberapa titik sentuh pada layar sentuh. Jika layar berperilaku sebentar-sebentar pada area layar yang berbeda, maka Anda harus menguji layar untuk area yang rusak. Cara mudah untuk menguji titik sentuh adalah dengan menginstal aplikasi penguji titik sentuh. Aplikasi ini memeriksa area layar dengan mendaftarkan sentuhan jari Anda di layar.

Beberapa aplikasi termasuk Multitouch tester dan Screen touch test yang berfungsi pada semua perangkat android.